Header Ads Widget

Mengenal Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Mengenal Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Artikel seputar Mengenal Mesin 2 Tak dan 4 Tak, tadinya situs ini mau fokus aja seputar modifikasi motor vixion, eh ternyata kalau kita mau berbagi, ga ada salahnya membahas service motor injeksi atau servis motor lengkap info bengkel motor,biaya service motor, atau juga membahas modifikasi motor matic,gambar modifikasi motor, foto motor modifikasi, ah ternyata banyak juga tema atau hal apa yang Bisa di ulas seputar roda dua ya, yauda yuk kita kembali ke bahasan Mengenal Mesin 2 Tak dan 4 Tak dibawah ini.

Mengenal Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Mesin sepeda motor dikategorikan kedalam 2 jenis...

1. Mesin jenis 2 Tak
   Contoh : Suzuki Satria, Tornado GS, Yamaha Rx King, F1ZR, dan lain-lain.

2. Mesin Jenis 4 Tak
    Contoh : Honda Grand, Supra, Yamaha Vega, Jupiter, Suzuki Smash, Shogun, dan lain-lain.


Prinsip Kerja mesin 2 Tak

Langkah ke 1
Piston Dinamis dari TMA ke TMB.
  1. Saat Dinamis dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA Futuristis TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas.
  2. di titik Eksklusif, piston (ring piston) akan melewati lubang Deportasi gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang Deportasi terlebih dahulu.
  3. di saat ring piston melewati lubang Deportasi, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang Deportasi.
  4. di saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar Futuristis lubang Deportasi.
  5. Piston terus menekan ruang bilas hingga titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas Futuristis ke dalam ruang bakar.

Langkah ke 2

Piston Dinamis dari TMB ke TMA.
  1. Saat Dinamis dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi
  2. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang Deportasi, piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
  3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar hingga TMA.
  4. Beberapa saat sebelum piston hingga di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tak terjadi saat piston hingga ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan supaya puncak tekanan sebab pembakaran dalam ruang bakar Bisa terjadi saat piston mulai Dinamis dari TMA ke TMB, di karenakan proses pembakaran membutuhkan waktu untuk Bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.


tehnikmotor.blogspot.com

       


Prinsip Kerja Mesin 4 Tak

Langkah ke 1

Piston Dinamis dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar Bisa dilihat di sistem pemasukan.

Langkah ke 2

Piston Dinamis dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston hingga di posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (di mesin bensin berupa nyala busi sedangkan di mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar).

Langkah ke 3

Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan melonjakkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini merupakan proses yang akan menghasilkan tenaga.

Langkah ke 4

Piston Dinamis dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran Futuristis ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan kelubang Deportasi

tehnikmotor.blogspot.com
.

Itulah Penjelasan singkat Tutorial kerja mesin 2 tak dan 4 tak, dengan memahami prinsip kerjanya masing masing kita akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Post a Comment

0 Comments